Diberdayakan oleh Blogger.

Cara Mengembangkan Bakat dan Minat Anak

Setiap orang memiliki bakat dan minat yang berbeda-beda. Tidak sedikit para orang tua yang bingung dan bertanya-tanya, "Sebenarnya, anakku bakatnya apa". Untuk melihat bakat seorang Anak. Anda bisa mengamati dari kelebihan yang dimiliki si anak, keterampilan serta kemampuan lainnya yang menonjol pada anak (gerakan motorik, kondisi mental, cara berbahasa, dll).

Selain itu, Anda juga memberikan kesempatan bagi anak untuk mencoba berbagai aktivitas yang beragam seperti outdoor activity, olahraga, melukis, musik, menulis, dll. Anda juga sebagai orang tua perlu membantu memperkuat kepercayaan diri mereka, mengembangkan konsep diri yang positif, dll.

Setelah mengetahui dan memperhatikan minat serta bakat anak, lalu bagaimana peran orang tua dalam mengembangkan bakat si anak?

Cara Mengembangkan Bakat dan Minat Anak


Sebagai orang tua, kita tentu memiliki harapan yang besar pada anak dalam berbagai aspek kehidupannya. Keberhasilan anak dalam hal apapun, termasuk dalam pengembangan bakat anak, tentu tidak lepas dari bagaimana kita sebagai orang tua membekali anak dalam menemukan fokus belajarnya dan menekuni bidang pilihannya.

Sebenarnya, bakat anak tidak bisa diketahui persisnya. Kita hanya bisa mengetahui potensi bakat anak. Kenapa? Karena bakat menurut Howard Gardner adalah aktivitas teratur yang dihargai masyarakat dan dapat dinilai berdasarkan tingkat keahliannya. Contoh, menggambar adalah aktivitas yang bisa disebut bakat ketika aktivitas menggambar tersebut diharga oleh masyarakat, seperti kesempatan mengikuti pameran atau hasil menggambarnya dibeli. Jadi kita baru mengenali bakat anak yang sebenarnya ketika suatu aktivitas anak dihargai oleh masyarakat.

Dengan mengenal bakat anak, orang tua bisa membantu anak mengembangkan karier di masa depannya. Berikut ini beberapa cara mengembangkan bakat, diantaranya yaitu:
  1. Sejak usia dini cermati berbagai kelebihan keterampilan dan kemampuan yang tampak menonjol pada anak
  2. Bantu anak meyakini dan fokus pada kelebihan dirinya
  3. Kembangkan konsep diri positif pada anak
  4. Perkaya anak dengan berbagai wawasan, pengetahuan serta pengalaman di berbagai bidang
  5. Usahakan berbagai cara untuk meningkatkan minat anak untuk belajar dan menekuni bidang keunggulannya serta bidang-bidang lain yang berkaitan
  6. Tingkatkan moti$asi anak untuk mengembangkan dan melatih kemampuannya
  7. Stimulasi anak untuk meluaskan kemampuannya dari satu bakat ke bakat yang lain
  8. Berikan penghargaan dan pujian untuk setiap usaha yang dilakukan anak
  9. Sediakan dan fasilitasi sarana bagi pengembangan bakat
  10. Dukung anak untuk mengatasi berbagai kesulitan dan hambatan dalam mengembangkan bakatnya
  11. Jalin hubungan baik serta akrab antara orang tua/guru dengan anak.
Itulah beberapa peran penting orang tua dalam membantu mengembangkan bakat dan minat anak. Semoga bermanfaa.

0 Responses to “Cara Mengembangkan Bakat dan Minat Anak”

Posting Komentar