Diberdayakan oleh Blogger.

6 Manfaat Belajar Alat Musik Dari Sejak Kecil

Sepertinya tidak ada orang yang tidak suka dengan musik, setiap orang pasti menyukai musik walaupun dalam genre yang berbeda-beda. Belajar sebuah instrumen dapat membantu anak untuk bisa lebih peka terhadap nada serta meningkatkan keterampilam yang diperlukan dalam dunia pendidikan dan interaksi sosial dengan teman sebayanya. Sebagai orang tua yang sangat memperhatikan tumbuh kembang si kecil, alangkah bagusnya kita mengenalkan alat musik dari sejak masa golden period (periode emas) dimana si kecil akan lebih mudah fokus, meningkatkan kinerja otak dan masih banyak lagi.

Manfaat Mengajarkan Alat Musik pada Anak


Musik tentunya memiliki manfaat yang positif bagi perkembangan manusia terutama pada anak-anak yaitu sebagai berikut :
  1. Melatih disiplin dan kesabaran, seperti misalnya ketika anak bermain musik ada nada yang sumbang anak tentu tidak secara langsung akan bersabar untuk berlatih dan mengulang banyak hal.
  2. Musik juga dapat membantu tumbuh kembang anak terutama dalam merangsang otak anak untuk mengembangkan kemampuan menulis, membaca, berhitung, kreatifitas, ekspresif, percaya diri dan kemampuan emosi mereka.
  3. Anak juga akan mudah dalam menyerap dan mengingat dalam suatu hal baik itu pelajaran ataupun bukan dibandingkan anak yang tidak diajarkan musik. Musik juga akan melatih memori jangka panjang dan pendek untuk mengingat sehingga bisa digunakan untuk banyak hal.
  4. Musik juga dapat meningkatkan kemampuan akademis nya, dengan memahami beat, ritme dan skala anak akan secara langsung belajar untuk membagi, membuat fraksi dan mengenali pola. Misalnya saja ketika anak belajar gitar, mereka juga akan memahami tentang getaran harmonik dan simpatik.
  5. Belajar untuk bisa bersosialisasi, misalnya saja dalam kelompok musik orkestra, anak akan di terdorong untuk bekerja sama tim dan berkolaborasi untuk bermain musik sehingga menghasilkan suara yang harmonis. Anak juga akan di dorong untuk dapat memecahkan masalah yang mereka hadapi sehingga menjadi pribadi yang bertanggung jawab.
  6. Si Kecil menjadi lebih percaya diri, belajar musik akan membiasakan anak dengan kritikan dan kesalahan yang dibuat oleh mereka sendiri sehingga menjadi perubahan yang positif. Oleh karena itu anak akan lebih percaya diri terutama saat tampil di depan umum karena telah memperbaiki kesalahan nya yang dahulu.
Bagaimana tertarik untuk melatih alat musik pada anak ? Adapun alat musik yang cocok diajarkan pada anak yaitu piano, perkusi dan biola. Namun jangan paksakan anak bila anak menolak, semua dikembalikan pada keinginan dan ketertarikan anak terlebih dahulu. Semoga dapat menambah wawasan dan inspirasi anda. SEMOGA BERMANFAAT
| 6 Manfaat Belajar Alat Musik Dari Sejak Kecil

0 Responses to “6 Manfaat Belajar Alat Musik Dari Sejak Kecil”

Posting Komentar